1. Terdapat 3 manajamen / agensi besar di Korea, JYP
Entertainment, YANG Entertainment, dan SM Entertainment.
2. Di Korea
menjadi artis bukanlah hal yang mudah. Ada 2 hal paling utama yang menentukan
layak atau tidaknya seseorang menjadi artis, SKILL dan PENAMPILAN. Tapi tentu
skill tetap nomor 1 karena bagi mereka penampilan bisa diubah sewaktu-waktu.
3. Para
'calon artis' biasanya dilatih (di training) nyanyi, dance, vocal, akting, juga
kekompakan sesama member dan dilatihnya itu bukan sebulan dua bulan tapi
bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai 5 tahun lebih sebelum akhirnya
didebutkan menjadi penyanyi. Tentu saja sebelum menjadi trainee (calon artis)
mereka harus melewati 3 tahap audisi.
4. Umur
'calon artis' yang dicari biasanya antara 12-17 tahun dengan waktu trainee yang
panjang, tapi sesuai sih dengan hasilnya.
5. Untuk
para trainer semua kebutuhan ditanggung manajemen, tapi bila trainer tersebut
sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya sistem pembagian hasilnya
kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen, hitungannya bayar biaya selama si
artis di trainee.
6. Penyanyi
korea yang masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana.
7. Idol
korea DILARANG pacaran oleh manajemen mereka karena akan sangat membahayakan
karir mereka. Kalau usia mereka sudah lebih dari 30 tahun, baru di perbolehkan
pacaran, itupun untuk manajemen tertentu.
8. Grup-grup
yang baru debut disebut rookie group dan biasanya tidak terlalu di perdulikan
orang Korea sendiri.
9. Rookie
grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo,
Music Bank, dan Music Core
10. Kalau
suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut,
mereka disebut Triple Crown
11. Artis
wajib mengikuti schedule yang sudah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari.
Karena itu mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus.
12. Katanya
nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di korea soalnya orang Korea kurang
suka muka melayu.
13. Menjadi
penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di Korea, karena kesuksesannya
pasti luar biasa.
14. Korean
fans itu loyal banget. Mereka rela menghabiskan uang untuk beli CD, poster, dan
barang2 lainnya yang berhubungan dengan idol mereka.
15.
CD/Calendar/ dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yang paling laris di
Korea. Produk-produk seperti kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat
mereka.
16.
Kebanyakan Korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase / fansclub, tidak lebih.
Paling banyak 2-3, mereka konsisten. Kalau dari awal suka dengan satu grup,
sampai kapanpun gak bakal ganti, tapi tetap ada pengecualian. Misal fandom awal
mereka ELF (fans Super Junior), sampai kapanpun mereka ELF. Kalau suka Shinee
juga misalnya, mereka tidak akan menyebut diri mereka Shawol. Paling kalo
sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee's fans atau SNSD's fans
bukan fandom! fandom mereka cuma 1
17. karena
ke konsistenan mereka itu, walaupun ada artis dihadapan mereka, mereka tidak
akan peduli kalau itu bukan bias / artis idola mereka. Begitu juga dengan
K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalau yang main itu salah satu dari
kpop grup favorit mereka. Jadi jangan heran kalau ketemu orang korea trus
ditanya "kenal sama artis ini gak?" trus dia jawab ga kenal padahal
artis terkenal.
18.
Penjualan album KPOP juga pasti melonjak kalau lagi comeback. Biasanya 1 orang
fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yang sama. Alasannya? karena penjualan
album kpop itu yang menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart
seperti dosirak, soribada, dll. Menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo gak
bela-belain beli album idol favorite mereka karena masuk korean chart penting
banget!!
19. Dikorea,
tidak cuma anak muda yang suka k-pop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget
tiba2-tiba lihat ahjumma / ibu-ibu ikutan ngantri.
20. Orang
korea sangat cinta dengan budaya mereka, dan artis-artisnya dalam kesempatan
yang pas diwajibkan mempromosikan apa saja tentang Korea, mulai dari makanan,
tempat wisata, dll. Jadi jangan heran kalau udah liat orang korea menyantap
makanannya pasti kita jadi ikut laper!
21. Kalau di
SM Entertainment audisi menuntut Skill dan Fisik. Sedangkan di JYP
Entertainment selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan. Waktu
mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking.
Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya
turun drastis, maka akan dapat peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai
rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarkan dari JYP.
22. Dikorea
ada berbagai macam acara tv yang kreatif, nah disitu para artis-artis sana
diminta menunjukkan kebolehannya. Kalo misal artis tersebut bikin rating acara
tv naik, maka jangan kaget kalau diacara-acara lain artis tersebut bakal sering
muncul. (contoh acara tv korea: We Got Married, Strong Heart, Running Man,
Invisible Youth, Star Golden Bell, dll)
23.
Persaingan para idol di korea itu kuat banget, karena itu mereka sering oplas
sana-sini biar tidak kalah saingan. Tidak jarang ada artis yang bunuh diri
karena tidak mampu bersaing dengan artis-artis lainnya.
24. SM, JYP,
dan YG termasuk perusahaan yang berpengaruh di Korea, karena artis dibawah
manajemen mereka biasanya selalu sukses, dan lonjakan saham mereka juga sedikit
banyaknya mempengaruhi perekonomian korea.
25. Ada beberapa
manajemen yang mewajibkan artisnya tinggal di dorm karena padatnya jadwal
mereka, kalau asli dari luar daerah, mereka harus mau pindah ke seoul
26. Korean
fans suka memberi hadiah bintang untuk artisnya karena menurut mereka bintang
itu abadi dan akan selalu diingat.
27. Korean
fans tidak peduli idolnya oplas atau tidak, menurutnya yang penting bagaimana
idolnya sekarang bukan dulunya!
28. YG
Entertainment tidak peduli penampilan seseorang, yang terpenting skillnya bukan
sekedar bagus namun harus luar Biasa dan orang tersebut pekerja keras. (Contoh
: CL dan Minzy)
29.
Perbandingan artis yang debut dan artis yang gagal disaat bersamaan adalah
1:10. Maksudnya jika hari ini ada 1 artis yang debut, berarti disaat yang sama
ada 10 artis yang gagal atau dikeluarkan dari manajemennya.
30. Korean
fans tidak ragu untuk mendonasikan uang mereka dalam jumlah besar buat fandom
mereka, makanya fandom sana kaya-kaya.
31. Fans
korea adalah fans yang sangat posesif. Mereka paling tidak suka liat artis
idola mereka deket / bahkan pacaran sama artis lain. Jika hal itu terjadi maka
popularitas si artis dan pacarnya (yang juga artis) akan turun drastis. Selain
itu mereka tidak akan tinggal diam, korean fans biasanya akan menyerang artis
mana saja yang berani deketin artis idola mereka, tidak jarang mereka juga main
fisik. Karena itu untuk para artis korea pacaran itu DILARANG!
0 comments:
Post a Comment