- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/06/cara-pasang-meta-description-title-tag.html#sthash.rfnzmc74.dpuf

3.4.14

Invasi Korea

Posted by Unknown at 3.4.14


Beberapa tahun belakangan industri hiburan Korea Selatan sukses menancapkan taringnya di dunia. Secara pelan tapi pasti, mereka berhasil meracuni siapa saja dengan konsep Hallyu Wave. Salah satu contohnya adalah negara kita, Indonesia.
Entah bagaimana caranya, segala hal berbau Korea Selatan mampu jadi sorotan yang kemudian diaplikasikan ke dalam budaya Indonesia.

1. Musik

Super Junior, 2NE1, Girls Generation sampai JYJ. Siapa sih yang tak kenal nama serta lagu mereka? Meski seringkali membantah, tak bisa dipungkiri bahwa girlband-boyband yang kini menjamur di Indonesia adalah imbas dari konsep Hallyu Wave.
Tak ada salahnya memang, toh kehadiran pengikut ini diterima dengan baik oleh industri musik Indonesia meski tak jarang pula dipandang sebelah mata.

2. Fashion

Gaya berpakaian remaja Korea juga tengah marak diaplikasikan dalam budaya kita. Coba saja perhatikan saat mengunjungi mall atau bepergian ke suatu tempat, pasti kalian bakal menemukan empat-tiga orang berdandan dengan nuansa Korea Selatan yang kental. Beberapa contoh mungkin bisa dilihat dari cara berpakaian dan gaya rambut yang unik.

3. K-Movie

Masih ingat dulu MY SASSY GIRL, film legendaris itu sempat tayang di bioskop Indonesia. Berbeda dengan jaringan 21 yang sepertinya absen menayangkan film Korea, bioskop alternatif BlitzMegaplex sering menayangkan beberapa judul film Korea laris.
Sebut saja ARCHITECTURE 101 sampai THE THIEVES. Atau kalau sempat mendatangi toko DVD, kalian akan melihat puluhan judul film Korea yang tak hanya lucu dan seru, namun mampu mengumbar air mata.

4. K-Drama

Dulu televisi sering memutar drama Asia seperti Meteor Garden, Ittazura Na Kiss, Friends sampai Come To My Place. Namun beberapa tahun belakangan mereka sering memutar drama Korea laris seperti Full House, Style, Winter Sonata dan Boys Before Flowers.

5. Makanan

Dulu, ketika masuk ke mall mungkin yang ada hanya franchise restoran cepat saji dengan logo M tersebut. Namun kini, begitu menginjakkan kaki di sana, resto yang menjual makanan khas Korea bertebaran dengan tata ruang unik dan berciri khas Negeri Ginseng tersebut. Beberapa contoh makanan yang dijual antara lain kimbab, bulgogi hingga kimchi.

6. Tipe Kekasih Idaman

Masih berhubungan dengan konsep hallyu wave yang menjadi gaya hidup, banyak remaja Indonesia mengidolakan selebritas Korea Selatan (terutama personil girlband-boyband). Sehingga tak jarang mereka memiliki impian harus mempunyai kekasih seperti ini, seperti itu. 

7. Life Style

Gaya hidup masyarakat modern juga Korean minded. Mereka mencintai budaya Korea sehingga terinspirasi pergi ke Korea entah untuk menuntut ilmu atau sekedar traveling. Di antaranya bahkan sangat mengagungkan selebritas Korea, merasa memiliki sehingga menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari keseharian..

8. Novel

Era teenlit dan metropop sudah meredup, konsep hallyu wave membuat toko buku dipenuhi buku-buku terjemahan Korea Selatan atau novel karya penulis Indonesia yang memakai setting dan segala pernak-pernik Korea sebagai bahan utama.

Sudah banyak sekali yang teracuni oleh virus Hallyu Wave. Entah itu balita, remaja, dewasa, hingga usia lanjut. Entah itu di kota-kota besar maupun di perdalaman sekalipun. Apa kalian salah satu yang sudah terjangkit virus di atas?!

0 comments:

Post a Comment

My Ping in TotalPing.com
 

Chimci Chinatsu Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea