Beberapa tahun belakangan industri
hiburan Korea Selatan sukses menancapkan taringnya di dunia. Secara pelan tapi
pasti, mereka berhasil meracuni siapa saja dengan konsep Hallyu Wave. Salah
satu contohnya adalah negara kita, Indonesia.
Entah bagaimana caranya, segala hal berbau Korea Selatan mampu jadi sorotan yang kemudian diaplikasikan ke dalam budaya Indonesia.
Entah bagaimana caranya, segala hal berbau Korea Selatan mampu jadi sorotan yang kemudian diaplikasikan ke dalam budaya Indonesia.
1. Musik
Super
Junior, 2NE1, Girls Generation sampai JYJ. Siapa sih yang tak kenal nama serta lagu mereka? Meski
seringkali membantah, tak bisa dipungkiri bahwa girlband-boyband yang kini
menjamur di Indonesia adalah imbas dari konsep Hallyu Wave.
Tak ada salahnya memang, toh kehadiran pengikut ini diterima dengan baik oleh industri musik Indonesia meski tak jarang pula dipandang sebelah mata.
Tak ada salahnya memang, toh kehadiran pengikut ini diterima dengan baik oleh industri musik Indonesia meski tak jarang pula dipandang sebelah mata.
2. Fashion
Gaya berpakaian remaja Korea juga
tengah marak diaplikasikan dalam budaya kita. Coba saja perhatikan saat
mengunjungi mall atau bepergian ke suatu tempat, pasti kalian bakal menemukan
empat-tiga orang berdandan dengan nuansa Korea Selatan yang kental. Beberapa
contoh mungkin bisa dilihat dari cara berpakaian dan gaya rambut yang unik.
3. K-Movie
Masih ingat dulu MY SASSY GIRL,
film legendaris itu sempat tayang di bioskop Indonesia. Berbeda dengan jaringan
21 yang sepertinya absen menayangkan film Korea, bioskop alternatif
BlitzMegaplex sering menayangkan beberapa judul film Korea laris.
Sebut saja ARCHITECTURE 101 sampai THE THIEVES. Atau kalau sempat mendatangi toko DVD, kalian akan melihat puluhan judul film Korea yang tak hanya lucu dan seru, namun mampu mengumbar air mata.
Sebut saja ARCHITECTURE 101 sampai THE THIEVES. Atau kalau sempat mendatangi toko DVD, kalian akan melihat puluhan judul film Korea yang tak hanya lucu dan seru, namun mampu mengumbar air mata.
4. K-Drama
Dulu televisi sering memutar drama
Asia seperti Meteor Garden, Ittazura Na Kiss, Friends sampai Come To
My Place. Namun beberapa tahun belakangan mereka sering memutar drama Korea
laris seperti Full House, Style, Winter Sonata dan Boys Before
Flowers.
5. Makanan
Dulu, ketika masuk ke mall mungkin
yang ada hanya franchise restoran cepat saji dengan logo M
tersebut. Namun kini, begitu menginjakkan kaki di sana, resto yang menjual
makanan khas Korea bertebaran dengan tata ruang unik dan berciri khas Negeri
Ginseng tersebut. Beberapa contoh makanan yang dijual antara lain kimbab,
bulgogi hingga kimchi.
6. Tipe Kekasih Idaman
Masih berhubungan dengan konsep
hallyu wave yang menjadi gaya hidup, banyak remaja Indonesia mengidolakan
selebritas Korea Selatan (terutama personil girlband-boyband). Sehingga tak
jarang mereka memiliki impian harus mempunyai kekasih seperti ini, seperti
itu.
7. Life Style
Gaya hidup masyarakat modern juga Korean
minded. Mereka mencintai budaya Korea sehingga terinspirasi pergi ke Korea
entah untuk menuntut ilmu atau sekedar traveling. Di antaranya bahkan sangat
mengagungkan selebritas Korea, merasa memiliki sehingga menjadi bagian hidup
yang tak terpisahkan dari keseharian..
8. Novel
Era teenlit dan metropop sudah
meredup, konsep hallyu wave membuat toko buku dipenuhi buku-buku terjemahan Korea
Selatan atau novel karya penulis Indonesia yang memakai setting dan segala
pernak-pernik Korea sebagai bahan utama.
Sudah banyak sekali yang teracuni
oleh virus Hallyu Wave. Entah itu balita, remaja, dewasa, hingga usia lanjut.
Entah itu di kota-kota besar maupun di perdalaman sekalipun. Apa kalian salah
satu yang sudah terjangkit virus di atas?!
0 comments:
Post a Comment